PEMDES JAGARAGA SEGERA LAUNCHING DEPOT AIR ISI ULANG JAGARAGA

  • Jul 13, 2024
  • Admin Desa Jagaraga

#SahabatJagaragaHebat Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) merupakan program pemberdayaan masyarakat yang melibatkan masyarakat secara aktif, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pemeliharaan dan pengelolaan. 
Pada tahun 2021 Pemerintah Desa Jagaraga mendapat bantuan PAMSIMAS yang menyediakan air bersih bagi masyarakat yang berlokasi di Dusun Dasan Geres Pande Desa Jagaraga. Seiring berkembangnya PAMSIMAS ini dari tahun ke tahun, Kepala Desa Jagaraga Muhamad Hasyim, ST melakukan satu trobosan baru dengan memanfaatkan PAMSIMAS untuk dikelola oleh BUMDES menjadi salah satu Unit Usaha BUMDES yakni dalam bentuk penyediaan Depot Air Isi Ulang, dengan melibatkan Sumber Daya Manusia dari Pemuda-Pemudi Dusun Dasan Geres Pande sebagai ujung tombak dalam Pengoperasian dan Pengelolaan Pemasaran Depot Air Isi Ulang ini. 
Program Depot Air Isi Ulang ini menjadi salah satu Program Pengembangan Desa Jagaraga untuk PAMSIMAS yang diharapkan dapat memberdayakan masyarakat Desa melalui KKM dan BUMDES selaku mitra sebagai subjek (pelaku) program dengan upaya peningkatan kapasitas sehingga terbentuk Desa mandiri air bersih yang berkelanjutan melalui penyediaan sarana berupa teknologi tepat guna (TTG) instalasi pengolahan air bersih layak konsumsi dan air minum isi ulang serta peningkatan kapasitas dan tata kelola kelembagaan. 
Dengan adanya Program Depot Air Isi Ulang ini diharapkan dapat meningkatkan kehidupan masyarakat Desa baik dari aspek kesehatan maupun ekonomi masyarakat.