Kades Jagaraga Tinjau Pelaksanaan PIN Polio Serentak yang dilaksanakan di Desa Jagaraga

  • Jul 29, 2024
  • Admin Desa Jagaraga

Desa Jagaraga, 29 Juli 2024 - Kepala Desa Jagaraga Muhamad Hasyim, ST. Turut serta dalam mensukseskan kegiatan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang diselenggarakan oleh Puskesmas Kuripan. Pekan Imunisasi ini diselenggarakan  di Posyandu Tegal Utara 1, SDN 1 Jagaraga, TK Handayani Tegal, Posyandu Tegal Utara 2, SDN 4 Jagaraga, Posyandu Tegal Selatan, PAUD Al-Haq, Posyandu Dasan Geres, SDN 2 Jagaraga, Posyandu Beremi Barat, PAUD Raudatul Atfal, Posyandu Beremi Timur, PAUD Al Ihsan, Posyandu Adeng, PAUD Ardiparis, Posyandu Embung Tengah, Posyandu Karang Bucu, PAUD Syafaiyah, Posyandu Lamper, PAUD Kasih Ibu, Posyandu Matunggong, Posyandu Tambang Eleh 1, Posyandu Tambang Eleh 2, SDN 3 Jagaraga.Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan imunisasi di wilayah Desa  Jagaraga, serta untuk melindungi anak-anak dari ancaman penyakit polio dan mencegah penyebaran penyakit Polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen.


Dalam pendampingannya, Bapak Muhamad Hasyim, ST. secara aktif terlibat dalam proses pendaftaran dan penerimaan warga yang anaknya akan di Imunisasi. Beliau memberikan dukungan moral dan semangat kepada para orang tua agar aktif membawa anak-anak mereka untuk Imunisasi di Posyandu terdekat. Acara ini dihadiri pula oleh, Dinas Kesehatan Lombok Barat,  Bapak Camat Kuripan, Kepala Puskesmas Kuripan, Kepala Desa Jagaraga, Tim Nakes Puskesmas Kuripan, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Jagaraga.


Untuk itu penting juga untuk kita mengetahui, 
apa sih itu Polio ? 
Polio (Poliomyelitis) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus Polio dimana virus ini menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan mendadak, kecacatan seumur hidup hingga kematian. Virus ini dapat menyerang semua usia, namun sangat banyak terjadi pada anak dibawah usia 5 tahun. Umumnya virus Polio masuk ke dalam tubuh anak melalui mulut, lewat air atau makanan yang telah tercemar kotoran/ tinja yang mengandung virus Polio. Virus tersebut kemudian akan berkembang biak dalam saluran pencernaan dan menyerang sistem saraf. Perlu Sahabat Sehat ketahui, bahwa virus Polio ini sangat berbahaya karena tidak dapat diobati. 
Apa penyebab Polio ? 
Penyebab polio adalah virus yang memiliki nama serupa, yaitu poliovirus. Virus polio tersebut dapat menyerang manusia melalui rongga mulut serta hidung. Kemudian, virus akan memasuki aliran darah sehingga mengakibatkan kerusakan pada saraf. 
Bagaimana Dampak apolio ? 
polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen, bahkan kematian. Oleh karena itu, imunisasi polio menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyakit polio dan komplikasi yang dapat terjadi.
Mengapa Harus Imunisasi ? 
Imunisasi Polio lengkap merupakan sebuah upaya pencegahan yang paling efektif dalam mencegah penyakit Polio. Agar virus Polio tidak meluar dan menyebar luas di masyarakat, maka harus dipastikan bahwa sebagian besar anak (minimal 95% anak) yang merupakan sasaran mendapatkan Imunisasi Polio lengkap di seluruh desa/ kelurahan. 


Perlu diketahui juga, Imunisasi Polio bisa didapatkan anak apabila berusia dibawah 8 tahun, yaitu mulai dari usia 0 s/d 7 tahun 11 bulan 29 hari (terhitung sejak tanggal kelahiran 24 Juli 2016). Adapun imunisasi akan dilaksanakan selama 2 periode/ dosis dengan jarak pemberian imunisasi 1 dan 2 minimal 2 Minggu agar mendapat kekebalan optimal terhadap virus Polio dan terhindar dari kelumpuhan seumur hidup.

Oleh karena itu, Yuk kita sukseskan bersama kegiatan PIN Polio 2024 !
Salam Sehat !