PEMDES JAGARAGA BERIKAN PENYULUHAN BAGI CALON PENGANTIN DAN REMAJA PUTRI

  • Jul 17, 2024
  • Admin Desa Jagaraga

Jagaraga, 17 Juli 2024 Calon pengantin (catin) yang akan menikah merupakan cikal bakal terbentuknya sebuah keluarga, sehingga sebelum menikah Catin perlu mempersiapkan kondisi kesehatannya agar dapat menjalankan kehamilan sehat sehingga dapat melahirkan generasi penerus yang sehat dan menciptakan keluarga sehat, sejahtera dan berkualitas. Oleh karena itu, Pemerintah Desa Jagaraga bekerjasama dengan UPT Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kecamatan Kuripan melaksanakan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Bagi Calon Pengantin dan Remaja Putri yang bertempat di Halaman Kantor Desa Jagaraga yang diikuti oleh 40 Orang para Remaja Putri dan Putra Desa Jagaraga.

Penyuluhan yang di mulai pada pukul 09.00 Wita dibuka oleh Bapak Kepala Desa Jagaraga Muhamad Hasyim, ST. dalam pembukaannya Bapak Kades menyampaikan Penyuluhan ini penting bagi Remaja Desa Jagaraga dalam pengetahuan terhadap kesehatan reproduksi khususnya bagi remaja sebagai Calon Pengantin.


Lebih Lanjut Ni Made Anggraini, Amd.Keb sebagai Narasumber memaparkan Hal yang perlu diketahui dalam persiapan kesehatan pranikah yaitu mempersiapkan kesehatan sebelum nikah yang dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan, imunisasi tetanus yang berfungsi untuk mencegah dan melindungi catin yang kelak akan menjalani masa kehamilan dan melahirkan sekaligus melindungi  bayi dari penyakit tetanus, dan persiapan gizi yang dapat dilakukan dengan menjaga asupan makan yang bergizi dan mengatur pola makan.


Diharapkan dengan adanya Penyuluhan ini, dapat memberikan ilmu pengetahuan bagi Calon Pengantin dan Remaja Putri agar menjaga kesehatan reproduksi dan hubungan seksual yang sehat, serta menjaga kebersihan khususnya alat reproduksi demi mempersiapkan diri menjadi seorang istri.