KEPALA DESA JAGARAGA MUHAMAD HASYIM, ST HADIRI PERINGATAN HARI ASYURA 10 MUHARAM DI MASJID AL-ISTIQOMAH DUSUN TEGAL

  • Jul 16, 2024
  • Admin Desa Jagaraga

Jagaraga-Perayaan Hari Asyura diperingati setiap tanggal 10 Muharam. Di Desa Jagaraga, ada berbagai macam tradisi perayaan Hari Asyura yang kerap dilakukan oleh kalangan masyarakat salah satunya adalah dengan menyantuni anak yatim seperti yang dilakukan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Al-Istiqomah Dusun Tegal. 

Lebaran Anak Yatim atau disebut juga Idul Yatama merupakan salah satu perayaan dalam rangka memperingati 10 Muharam yang bertepatan pada Hari Asyura. Tradisi ini berawal dari kebiasaan masyarakat sejak dulu yang kerap menyantuni anak yatim.

Tradisi Lebaran Anak Yatim Tiap Tahun rutin dilaksanakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Al-Istiqomah Dusun Tegal.  Acara ini melibatkan semua unsur lapisan masyarakat yang ada di Dusun Tegal Baik dari kalangan Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda.

Dalam sambutannya, Bapak Kepala Desa Jagaraga Muhamad Hasyim, ST menyampaikan Peringatan hari Asyura ini merupakan hari bersejarah yang diagungkan oleh umat Muslim. Karena hari Asyura merupakan hari bersejarah yang diagungkan dari masa ke masa. 

“Alhamdulillah hari ini kita bisa melaksanakan Peringatan Hari Asyura di Masjid Al-Istiqomah Dusun Tegal, semoga hendaknya kita menyambut hari Asyura dengan banyak mengambil pelajaran yang bermanfaat dari sejarah dan meningkatkan keimanan kepada Allah SWT,” 

”Mudah-mudahan lewat memomentum peringatan hari Asyura ini, kita lebih banyak mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan semoga Adik-Adik kita yang Yatim Piatu selalu diberikan kesehatan, dimudah jalan rezeki dan menjadi generasi penerus Desa Jagaraga yang sukses," Harap Muhamad Hasyim